comscore

Keterlibatan Artis di Investasi Bodong DNA Pro Didalami

Siti Yona Hukmana - 07 April 2022 18:01 WIB
Keterlibatan Artis di Investasi Bodong DNA Pro Didalami
Ilustrasi pendalaman kasus/Medcom.id
Jakarta: Polisi mendalami keterlibatan artis dalam kasus investasi bodong robot trading DNA Pro Akademi. Sebanyak 12 saksi diperiksa terkait hal ini.

"Akan kami dalami dari saksi-saksi tersebut apakah ada yang menjelaskan ke arah sana (keterlibatan artis)," kata Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 7 April 2022. 
Dia tak menutup mata ada dugaan keterlibatan artis seperti Ivan Gunawan hingga Rizky Billar dalam kasus investasi ilegal itu. Namun, penyelidikan belum mengarah ke sana.

Baca: Robot Trading DNA Pro Raup Rp97 Miliar dari Korban

Menurut Yudi, sejumlah artis yang terduga terlibat berpotensi dipanggil untuk dimintai keterangan. Hal tersebut dilakukan jika ada benang merah antara kasus ini dengan mereka.

"Mungkin-mungkin saja (dipanggil) tapi, kita belum ke arah sana (panggilan)," ucap dia. 

Bareskrim Polri telah menetapkan 12 tersangka dalam kasus ini. Sebanyak lima tersangka telah ditangkap dan sisanya masih diburu.

Sebanyak lima orang yang ditangkap berinsial FR, RK, RS, RU, dan YS. Sedangkan, tersangka yang masuk daftar pencarian orang (DPO) ialah AB, ZII, JG, ST, FE, AS, dan DV.

Para tersangka dijerat Pasal 106 Jo. Pasal 24 dan atau Pasal 105 Jo. Pasal 9 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan/atau; Pasal 3, Pasal 5 Jo Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang pemberantasan dan pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. 

Sebelumnya, kuasa hukum korban Muhammad Zainul Arifin mengatakan ada beberapa pemilik dan pemimpin DNA Pro merupakan figur publik. Dia mendesak polisi memeriksa sejumlah figur publik yang sempat mempromosikan robot trading PT DNA Pro Akademi tersebut. 

"Untuk mengetahui apakah member atau dimemberkan oleh pihak robot trading," kata Zainul di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 28 Maret 2022.  

Sejumlah figur publik yang diduga mempromosikan dan menerima uang dan barang dari DNA Pro Akademi ialah Ahmad Dhani, Ivan Gunawan, DJ Putri Ana, Billy Syahputra, Rizky Billar, Lesti Kejora dan conten creator Donny Zebriel. "Kita menduga ya, kita tidak menuduh mereka kita menduga, harapannya mereka diminta, diklarifikasi bantu kita untuk menjelaskan itu supaya ini bisa clear," ucap Zainul. 

Polisi telah mengantongi kerugian dari para korban yang datang mengadu hingga Senin, 4 April 2022. Total kerugian korban mencapai Rp97 miliar lebih. 

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id