comscore

30 Sekolah Diduga Terafiliasi Khilafatul Muslimin, BNPT: Mereka Harus DIrehabilitasi

Siti Yona Hukmana - 17 Juni 2022 05:48 WIB
30 Sekolah Diduga Terafiliasi Khilafatul Muslimin, BNPT: Mereka Harus DIrehabilitasi
Foto Kampung Khilafah di Lampung Selatan. Lampung Post/Salda Andala
Jakarta: Hampir 30 sekolah dikabarkan terafiliasi dengan kelompok Khilafatul Muslimin. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal melakukan penyuluhan ke puluhan sekolah tersebut.

"Iya otomatis dong (melakukan penyuluhan). Enggak bisa dibiarkan. Mereka harus direhabilitasi, ideologinya khilafah dan takfiri semenjak di sekolah," kata Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid kepada Medcom.id, Kamis, 16 Juni 2022.
Namun, Nurwakhid belum dapat memastikan waktu pelaksanaan penyuluhan tersebut. Menurut dia, saat ini masih fokus tahap penyidikan oleh kepolisian setempat, salah satunya Polda Metro Jaya.

"Karena masih dalam proses penyidikan di penyidik, makanya kita tindak lanjuti nanti," ujar jenderal polisi bintang satu itu.

Namun, Nurwakhid menyebut BNPT akan berkoodinasi dengan Kemendikbudristek terkait adanya 30 sekolah terafiliasi dengan Khilafatul Muslimin. Selain Kemendikbudristek, BNPT merangkul stakeholder terkait dan pemerintah daerah (pemda) setempat.

"BNPT akan mengoordinasikan. BNPT kan lembaga kementerian di bawah presiden, di bawah pemerintah yang bertugas mengimplementasikan dan mengoordinasikan, serta bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya," ungkap Nurwakhid.

Menurut dia, meski penyuluhan ke sekolah-sekolah itu kewenangan Kemendikbudristek, BNPT akan ikut mengambil peran. BNPT disebut bisa menjadi narasumber dalam penyuluhan tersebut.

"Iya kita bisa jadi narasumber, situasional tergantung hasil koordinasi sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing," ucap Nurwakhid.

Baca: Khilafatul Muslimin Punya 2 Universitas, Lulusannya Bergelar Sarjana Kekhalifahan

Di samping itu, BNPT melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) disebut akan memonitor penyuluhan tersebut. FKPT tersebar di 34 provinsi Indonesia.

Informasi hampir 30 sekolah diduga terafiliasi dengan Khilafatul Muslimin itu diketahui dari pemeriksaan AS, 74. AS adalah sosok yang bertanggung jawab terhadap sekolah-sekolah yang diduga terafiliasi tersebut.

Salah satu tokoh Khilafatul Muslimin itu ditangkap di Mojokerto, Jawa Timur, sekitar pukul 00.30 WIB, pada Senin, 13 Juni 2022. AS berperan sebagai Menteri Pendidikan dalam kelompok Khilafatul Muslimin dan bertugas memberikan doktrin terkait Khilafatul Muslimin.

Polisi belum membeberkan nama-nama puluhan sekolah yang diduga terafiliasi dengan Khilafatul Muslimin. Polisi akan mengecek ke sekolah guna memastikan informasi tersebut.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id