Jaksa Agung: Pembangunan Ekonomi Kokoh Bila Ditopang Hukum yang Kuat

    Theofilus Ifan Sucipto - 22 Juli 2021 15:58 WIB
    Jaksa Agung: Pembangunan Ekonomi Kokoh Bila Ditopang Hukum yang Kuat
    Jaksa Agung ST Burhanuddin pada upacara virtual peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kamis, 22 Juli 2021. Foto: Istimewa



    Jakarta: Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan peran Korps Adhyaksa tidak bisa lagi berorientasi pada kepastian dan keadilan. Kejaksaan dituntut harus memberikan kemanfaatan hukum bagi masyarakat.

    “Pembangunan ekonomi akan kokoh apabila ditopang oleh hukum yang kuat,” kata Burhanuddin dalam amanatnya pada upacara virtual peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Menurut dia, penegakan hukum sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Hal ini diperlukan dalam menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 

    Baca: Hari Bhakti Adhyaksa, Kejagung Gelar Upacara Ziarah di TMP Kalibata

    Kejaksaan, kata Burhanuddin, harus memegang peranan sebagai aktor intelektual yang mampu menyeimbangkan neraca keadilan. Keadilan itu, yakni kejaksaan sebagai institusi penegak hukum yang tersirat dengan kepastian hukum yang tersurat.

    “Dalam arti lain, proses penegakan hukum haruslah seiring dan tidak boleh menghambat jalannya pembangunan dan roda perekonomian,” papar dia.

    Burhanuddin mengatakan pandemi covid-19 berdampak pada perekonomian negara. Alhasil, kejaksaan harus mampu membuat terobosan dan inovasi untuk mendukung penguatan ekonomi nasional.

    Dia menyebut kejaksaan juga harus memiliki inisiatif untuk mendampingi dan mengamankan setiap program pemerintah. Salah satunya terkait pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional.

    “Kemudian memperbanyak dan mengoptimalkan upaya pemulihan, pengembalian, dan penyelamatan keuangan negara,” tutur dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id