Angka Pengemudi Kendaraan Tanpa SIM Masih Tinggi, Ini Data Korlantas Polri

    Adri Prima - 14 April 2021 22:51 WIB
    Angka Pengemudi Kendaraan Tanpa SIM Masih Tinggi, Ini Data Korlantas Polri
    Ilustrasi. Antara/M Adimaja



    Jakarta: Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu syarat mutlak yang wajib dimiliki oleh pengemudi ataupun pengendara kendaraan bermotor. Kendaraan roda dua wajib membawa SIM C, sedangkan untuk kendaraan roda empat wajib punya SIM A. 

    Dilansir dari situs resmi Korlantas Polri, setidaknya tercatat tidak kurang dari 10 ribu pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya ditilang karena tidak memiliki SIM. 






    Hal ini pula yang menjadi latar belakang Korlantas Polri untuk meluncurkan aplikasi pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diberi nama SIM Presisi Nasional (Sinar)

    Aplikasi tersebut bisa diunduh di App Store atau Play Store, sehingga proses perpanjangan SIM tidak lagi merepotkan karena pemohon tidak perlu lagi datang ke Satpas SIM. 

    Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo, menyambut baik program ini. Menurut Bamsoet, dengan kehadiran aplikasi Sinar maka para pengemudi kendaraan sudah tidak punya alasan untuk tidak memperpanjang masa berlaku SIM mereka.

    "Dengan aplikasi SINAR masyarakat yang ingin memperpanjang SIM tidak perlu datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM). Tidak perlu repot memfotokopi dokumen dan membawanya dalam satu map. Serta tidak perlu membuang waktu karena padatnya antrian,” ujar Bamsoet dikutip dari situs Korlantas Polri, Rabu 14 April 2021. 



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id