comscore

Penyebab Penghinaan Lagu Indonesia Raya Diusut

Siti Yona Hukmana - 01 Januari 2021 20:44 WIB
Penyebab Penghinaan Lagu Indonesia Raya Diusut
Ilustrasi/AFP.
Jakarta: Polisi menyelidiki pertengkaran kedua pelaku penghina lagu Indonesia Raya, NJ, 11 dan MDF, 16. Amarah keduanya memicu pembuatan konten parodi instrumental lagu Indonesia Raya bernada kebencian dan pelecehan di media sosial YouTube. 

"Dari keterangan NJ yang di Malaysia dia marah dengan MDF yang ada di Cianjur. Tapi, marahnya seperti apa sedang didalami oleh penyidik," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Januari 2021. 
Argo mengatakan pemeriksaan terhadap MDF masih berlangsung. MDF ditangkap pada Kamis malam, 31 Desember 2020 di kediamannya wilayah Cianjur, Jawa Barat. 

Baca: Penghina Lagu Indonesia Raya Lihai Gunakan Handphone

"Kan baru tadi malam datang, ini akan kita periksa. Nanti kita akan tahu motif dan tahu kenapa dia marah, sehingga dia mengunggah video yang ada di kanal YouTube," ujar jenderal bintang dua itu. 

Sementara itu, NJ ditangkap di Sabah, Malaysia pada hari yang sama. Warga Indonesia yang tinggal di Negeri Jiran itu belum dibawa ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. 

"Untuk yang NJ masih di Sabah, kita belum melakukan pemeriksaan, nanti mungkin ke depan kita akan komunikasi lagi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM)," ungkap Argo. 

Keduanya dijerat Pasal  45 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kemudian,  Pasal 64a Jo Pasal 70 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id