Penghina Lagu Indonesia Raya Ditangkap

    Siti Yona Hukmana - 01 Januari 2021 15:06 WIB
    Penghina Lagu Indonesia Raya Ditangkap
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta : Polisi menangkap pelaku penghina lagu Indonesia Raya. Identitas dan waktu penangkapan belum dirinci. 

    "Iya (ditangkap oleh) tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat di bawah Siber Mabes (Polri)," kata Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 1 Januari 2021. 

     



    Berdasarkan informasi Polisi Diraja Malaysia (PDRM), penghina lagu Indonesia Raya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Malaysia. Pernyataan ini disampaikan Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Abdul Hamid Bador.

    Baca: Kepolisian Malaysia: Tersangka Penghina Lagu Indonesia Raya adalah WNI

    Melansir Bernama, Kamis, 31 Desember 2020, Abdul Hamid menuturkan informasi tersebut didapat dari hasil pemeriksaan seorang pekerja Indonesia berusia 40-an di Sabah. Pekerja tersebut juga menjadi salah satu tersangka dalam kasus itu.

    Tersangka ditangkap di Sabah pada Senin, 28 Desember 2020. PDRM menemukan petunjuk baru dalam penyidikan kasus tersebut. "PDRM sudah mendapat petunjuk baru bahwa pelakunya disebut-sebut berasal dari negara lain (Indonesia)," kata Abdul Hamid.

    Video yang diunggah dua pekan lalu oleh oknum tak bertanggung jawab di laman YouTube My Asean yang menampilkan lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lagu tersebut diedit dengan tujuan menghina Indonesia.

    Video di YouTube dihapus, namun diunggah ke berbagai aplikasi lain dan disebarkan ke platform media sosial lain di Indonesia. Hal tersebut memancing berbagai komentar kebencian dan amarah.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id