Potensi Penyebaran Ideologi Radikal Harus Ditutup Mulai dari Keluarga

    Siti Yona Hukmana - 07 April 2021 12:05 WIB
    Potensi Penyebaran Ideologi Radikal Harus Ditutup Mulai dari Keluarga
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Setiap potensi penyebaran ideologi radikalisme di Indonesia diminta ditutup. Banyak konsep untuk membendung penyebaran radikalisme di Tanah Air.

    "Selain pencegahan secara masif dan komprehensif oleh negara, pencegahan radikalisme dimulai dari keluarga," kata Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia Islah Bahrawi dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 April 2021.






    Menurut Islah, keluarga atau orang tua adalah sosok yang dicontoh anak-anaknya. Keluarga adalah hulu yang paling utama dalam membendung ideologi radikalisme. Peran keluarga penting apalagi anak muda rentan terpapar radikalisme.

    "Keluarga menjadi kekuatan penting untuk berusaha melawan radikalisme. Kontra radikal bisa dilawan lewat keluarga, paling awal," ujar Islah.

    Islah menilai peran orang tua dalam mengawasi anak-anaknya menjadi dominan. Meskipun beberapa kasus seorang anak menemukan ideologi radikalisme sendiri atau disebut self radicalism.

    Islah menyebut masuknya ideologi radikalisme ke satu negara karena ada celah kosong. Dia meminta Indonesia tidak lengah.

    "Negara tidak boleh diam. Negara harus menggunakan tangan besi. Kalau kita lemah mengatasi ini, semua akan terlambat," kata dia.

    Baca: Pencegahan Radikalisme Paling Maksimal Berasal dari Keluarga

    Islah membeberkan beberapa negara yang terlambat membendung ideologi radikalisme. Di antaranya Filipina, Somalia, dan Sudan.

    "Banyak produk-produk mulai dari aturan sampai program yang seharusnya dilakukan. Kalau negara lemah, ideologi-ideologi radikal akan masuk secara leluasa," katanya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id