Djoko Tjandra Terima Vonis Kasus Pengurusan Fatwa MA Hari Ini

    Candra Yuri Nuralam - 05 April 2021 06:38 WIB
    Djoko Tjandra Terima Vonis Kasus Pengurusan Fatwa MA Hari Ini
    Djoko Seogiarto Tjandra saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Persidangan kasus dugaan suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) mencapai puncaknya. Terdakwa kasus dugaan suap pengurusan fatwa MA Djoko Soegiarto Tjandra menerima vonis hari ini, 5 April 2021.

    "Iya, benar (hari ini vonis Djoko Tjandra)," kata Pengacara Djoko Tjandra, Soesilo Aribowo kepada Medcom.id, Senin, 5 April 2021.






    Soesilo mengatakan persidangan itu akan berlangsung di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Rencananya, vonis akan dibacakan hakim pukul 10.30 WIB.

    Soesilo berharap hakim bijak memberikan vonis untuk kliennya. Seluruh fakta yang tertuang dalam persidangan sebelumnya diharap dipertimbangkan oleh hakim.

    Baca: Pinangki Dianggap Lebih Pantas Divonis 20 Tahun Bui, Bukan 10 Tahun

    Sebelumnya, jaksa menuntut Djoko Tjandra dengan hukuman empat tahun penjara. Jaksa juga meminta hakim memberikan hukuman dengan Rp100 juta subsider enam bulan kurungan atas tindakannya.

    Kubu Djoko Tjandra ogah disalahkan dalam kasus dugaan pengurusan fatwa ini. Djoko Tjandra malah menuding dirinya korban penipuan yang dilakukan mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

    Jaksa menilai pembelaan Djoko Tjandra tidak masuk akal. Jaksa menyebut Djoko Tjandra mempunyai niat dalam permintaan pengurusan fatwa MA dan penghapusan red notice namanya.

    Jaksa juga menyebut ada proposal yang dibuat oleh para terdakwa dalam kasus ini bagian dari niat pemufakatan jahat. Dalam proposal itu juga diketahui adanya rencana aksi untuk menghapus nama dari red notice dan pengurusan fatwa MA dengan biaya US$1 juta.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id