KPK Kesulitan Tangani Perkara karena Pandemi

    Candra Yuri Nuralam - 20 April 2021 06:43 WIB
    KPK Kesulitan Tangani Perkara karena Pandemi
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan kepada media di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamini ada kesulitan menangani perkara pada 2020. Kesulitan itu disebabkan pandemi covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia.

    "Perlu kami sampaikan, tahun 2020 KPK dihadapkan pada tantangan tersendiri untuk melakukan fungsi penindakan, yaitu dengan adanya pandemi covid-19," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 19 April 2021.






    Kebijakan pembatasan sosial di sektor pekerja menjadi salah satu faktor yang mempersulit kerja KPK. Lembaga Antikorupsi harus tetap manut dengan aturan itu demi mencegah penyebaran covid-19.

    "Kebijakan adanya pembatasan sosial berskala besar mengharuskan KPK untuk membatasi para pegawai dalam melaksanakan tugas," ujar Ali.

    Namun, penanganan perkara tidak sampai merosot. Lembaga Antikorupsi mengeklaim berhasil melewati target 120 penanganan perkara pada 2020.

    Ali menepis tudingan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut KPK tak sampai target dalam penanganan kasus korupsi. "Di tahun 2020, jumlah total perkara yang ditangani KPK sebanyak 208 perkara," tutur Ali.

    Baca: Pakar Sebut KPK Masih Berdenyut Tapi Sekarat

    ICW memberikan rapor merah untuk kinerja KPK pada 2020. Kinerja Lembaga Antikorupsi disebut yang terburuk sejak 2015.

    "Tahun 2020 merupakan kemerosotan KPK dalam kinerja. Dari konteks kinerja dan nilai kerugian negar yang ditimbulkan," kata peneliti dari ICW Wana Alamsyah melalui telekonferensi di Jakarta, Minggu, 18 April 2021.

    Wana mengatakan pada 2020, KPK hanya menangani sebanyak 15 kasus rasuah. Menurut Wana, Lembaga Antikorupsi hanya bisa menangani 13 persen dari target 120 penanganan perkara pada 2020.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id