Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Seluruh Indonesia

    Cindy - 27 Agustus 2019 23:09 WIB
    Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Seluruh Indonesia
    Pengendara melintas di dekat rambu tilang elektronik di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)
    Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) di seluruh Indonesia. Hal itu bakal dilakukan secara bertahap. 

    "Ada (rencana e-TLE di seluruh Indonesia) tahapan-tahapan itu tentunya ada," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Agustus 2019. 

    Refdi ingin pemerintah daerah ikut memiliki andil besar dengan mulai menyiapkan alat tilang elektronik tersebut. Sebab ketertiban pengendara mencerminkan ketertiban daerah. 

    ”Bagaimanapun itu, kita juga menghimbau pemerintah daerah menyiapkan segalanya (fasilitas penunjang tilang elektronik)," ucapnya. 

    Ditlantas Polda Metro Jaya telah menerapkan tilang elektronik sejak 1 November 2018. Mulanya baru ada dua kamera e-TLE, kemudian ditambah 10 kamera dengan empat fitur terbaru pada Senin, 1 Juli 2019.

    Jenis pelanggaran yang dapat terekam e-TLE saat pertama kali diterapkan merupakan marka jalan dan lampu lalu lintas. Empat fitur baru kemudian ditambahkan,  yakni pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan telepon gengam saat berkendara, dan kecepatan maksimal 40km/jam.

    Dua belas kamera ini ditempatkan di kawasan Sudirman-Thamrin. Di antaranya, JPO MRT Senayan, JPO MRT Semanggi, JPO Kementerian Pariwisata (Kemenpar), JPO MRT Kemenpan RB, Fly Over Sudirman, Simpang Bundaran Patung Kuda, Fly Over Thamrin, Simpang Sarinah, Simpang Sarinah Starbucks, dan JPO Plaza Gajah Mada.




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id