KPK Pegang Rekaman Lucas Rekomendasikan Eddy Kabur

    11 Januari 2019 11:49 WIB
    KPK Pegang Rekaman Lucas Rekomendasikan Eddy Kabur
    Sidang terdakwa Lucas - Medcom.id/Isfan Harun.
    Jakarta: Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyebut pihaknya memiliki rekaman suara antara mantan bos Lippo Group Eddy Sindoro dengan eks pengacaranya Lucas. Dalam rekaman itu, Lucas merekomendasikan Eddy tidak menghadiri panggilan KPK.

    "Yang bersangkutan (Eddy) berencana hadir memenuhi panggilan KPK. Tapi kami mendapatkan rekaman suara saudara Lucas justru menyarakan untuk tidak menghadiri panggilan KPK," ungkap Novel saat bersaksi untuk terdakwa Lucas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019
    Novel menyebut penyidik KPK telah mengidentifikasi rekaman suara itu. Ada kecocokan antara suara Lucas yang asli dengan di rekaman. 

    "Kami melakukan pencocokan rekaman suara terdakwa Lucas dengan rekaman suara Lucas pada kasus lain yang di selidiki KPK," ucap Novel. 

    (Baca juga: Anak Eddy Sindoro Ubah BAP)

    Atas dasar itu, KPK menyimpulkan Lucas menghalangi penyelidikan KPK terhadap klienya Eddy Sindoro. Lucas didakwa merintangi penyidikan KPK dalam kasus yang menjerat petinggi PT Paramount Enterprise International, Eddy Sindoro.

    Lucas disebut menyarankan Eddy yang telah berstatus tersangka tidak kembali ke Indonesia agar terhindar dari pemeriksaan lembaga antirasuah.

    Lucas didakwa melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Isfan Harun





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id