Ditolak MA, Kubu Moeldoko Gugat AD/ART Demokrat ke PTUN

    Anggi Tondi Martaon - 09 November 2021 22:38 WIB
    Ditolak MA, Kubu Moeldoko Gugat AD/ART Demokrat ke PTUN
    Ilustrasi pengadilan/Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Mahkamah Agung (MA) menolak uji materi atau gugatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat Tahun 2020. Kubu Moeldoko menyambut gembira keputusan MA.

    "Kami bersyukur terhadap putusan Mahkamah Agung ini dengan ditolaknya Judicial Review (JR) AD/ART Partai Demokrat Tahun 2020 tersebut," kata juru bicara (jubir) kubu Moeldoko, M Rahmad, melalui keterangan tertulis, Selasa, 9 November 2021.

     



    Dia menyebut penolakan MA semakin memperkuat upaya hukum lain. Kubu Moeldoko mengirimkan gugatan serupa ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. 

    Menurut dia, jika judicial review tersebut dikabulkan MA, kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang memperbaiki AD/ART di Kongres Luar Biasa (KLB). Hal itu dinilai bakal menimbulkan persoalan baru bagi kubu Moeldoko.

    "Namun dengan penolakan MA tersebut, maka gugatan kami di TUN 150 menjadi makin kuat dan peluang kubu AHY untuk melakukan perbaikan AD/ART menjadi tertutup," ungkap Rahmad.

    Dia menyampaikan proses gugatan di PTUN sudah memasuki tahap kesimpulan. Agenda sidang tersebut bakal berlangsung pekan depan.

    "Dan dua minggu setelahnya sudah ketok palu. Kami optimistis, dan semoga gugatan kami di TUN 150 dikabulkan seluruhnya oleh Hakim TUN," sebut dia.

    Baca: MA Tolak Gugatan Terhadap AD/ART Tahun 2020 Partai Demokrat

    Selain itu, dia memberikan semangat kepada rekannya yang melakukan uji materi AD/ART Demokrat. Kubu Moeldoko juga menghormati putusan MA yang menolak pengajuan uji materi AD/ART Demokrat. 

    "MA tentu saja memiliki dasar dan pertimbangan hukum  untuk menolak JR tersebut, dan pilihan Mahkamah Agung itu juga kami hargai dan hormati," ujar dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id