Andi Irfan Catut Nama Hakim untuk Meyakinkan Djoko Tjandra

    Siti Yona Hukmana - 08 September 2020 19:59 WIB
    Andi Irfan Catut Nama Hakim untuk Meyakinkan Djoko Tjandra
    Ilustrasi Kejaksaan Agung. Dok. Media Indonesia
    Jakarta: Andi Irfan Jaya diduga mencatut nama hakim Mahkamah Agung (MA) untuk meyakinkan Djoko Tjandra. Andi menjual nama hakim agar Djoko percaya kalau dirinya bisa memuluskan fatwa di MA.

    "Andi untuk yakinkan Djoko Tjandra jual nama yang akan kami buka di dakwaan lah," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Ardiansyah di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa, 8 September 2020.  

    Andi Irfan Jaya disangkakan Pasal 5 Ayat (2) jo ayat (1) huruf b atau Pasal 6 ayat (1) huruf a jo Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

    Pasal 6 UU Tipikor itu menjelaskan tentang perbuatan pidana yang memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada hakim dengan maksud untuk memengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili. Pihak yang melanggar pasal ini dapat dipidana penjara paling lambat tiga tahun dan paling lama 15 tahun, serta pidana denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp750 juta.

    "Dilihat saja kan Pasal 5 berarti ada pegawai negeri, kalau jaksa. Nanti menggunakan Pasal 6 berarti yang mau disuap itu hakim," ujar Febrie.

    Baca: Jaksa Pinangki Sewa Apartemen Rp75 Juta Sebulan

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id