Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Rizieq Shihab

    Candra Yuri Nuralam - 12 Januari 2021 16:50 WIB
    Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Rizieq Shihab
    Muhammad Rizieq Shihab. MI/Ramdani.
    Jakarta: Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab gagal menghirup udara bebas. Hakim tunggal Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan atas penetapan dan penahanan Rizieq sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

    "Menolak permintaan praperadilan pemohon," kata Akhmad saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 12 Januari 2021.

    Akhmad menilai polisi tidak melakukan pelanggaran dalam melakukan penetapan tersangka dan penahanan terhadap Rizieq. Penetapan tersangka dan penahan sudah sesuai dengan hukum yang berlaku.

    Hakim juga menilai praperadilan bukan tempat untuk mengeluarkan surat penghentian perkara. Penyidikan kasus Rizieq diteruskan.

    Baca: Rizieq Hingga Dirut RS Ummi Segera Diperiksa Sebagai Tersangka

    Hakim memerintahkan polisi untuk melanjutkan penyidikan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan tersebut. Penahanan Rizieq juga diteruskan.

    Rizieq Shihab melalui kuasa hukumnya mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Praperadilan terkait penahanan Rizieq serta penetapan tersangka terhadap lima anggota FPI yang terjerat kasus pelanggaran protokol kesehatan.
     
    Permohonan itu terdaftar dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel. Salah satu tergugat dalam permohonan itu, yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id