Pangdam Apresiasi Penanganan Hoaks Covid-19 Polda Metro

    Yogi Bayu Aji - 05 Oktober 2020 22:35 WIB
    Pangdam Apresiasi Penanganan Hoaks Covid-19 Polda Metro
    Penyerahan penghargaan dari Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman kepada Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Roma Hutajulu di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020. Foto: Istimewa
    Jakarta: Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) Dudung Abdurachman memberikan penghargaan kepada Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Roma Hutajulu. Hal ini lantaran Roma berhasil mengungkap berita hoaks mengenai relawan covid-19 di Wisma Atlet.

    Penghargaan itu diserahkan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI di Kodam Jaya, Senin, 5 Oktober 2020. Pangdam mengapresiasi  kinerja Dirreskrimsus Polda Metro Jaya dan personel Subdirektorat Tindak Pidana Siber (Subdit Tipidsiber) terkait hoaks yang dilaporkan pada April 2020 itu.

    “Kerja mereka sangat cepat dan responsif sehingga pelaku segera diamankan,” kata Dudung di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020.

    Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana berterima kasih atas penghargaan terhadap jajarannya. Dia menyebut Direktorat Reskrimsus segera mengambil tindakan setelah menerima laporan karena hoaks dapat menimbulkan kecemasan di masyarakat. 

    “Karena penyebaran berita hoaks jelas melanggar UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik). Peraturan yang mengatur berita hoaks tertuang dalam Pasal 28 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE," kata Kapolda.

    Sementara itu, Roma berterima kasih atas dedikasi penyidik pada Subdit Tipidsiber yang selalu menoreh keberhasilan dalam pengungkapan kasus di dunia maya. Dia turut mengapresiasi Pangdam Jaya atas penghargaan yang diberikan.

    Baca: Kominfo Temukan 17 Kampanye Negatif Sejak September 2020

    “Sekaligus kami mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI yang ke-75. Semoga TNI semakin kuat, hebat dan profesional. Sinergi untuk negeri," ungkap Roma yang juga alumnus dari pendidikan perwira Sekolah Komando TNI Angkatan 46 pada 2019.

    Pelaku berinisial ANG ditangkap jajaran Subdit Siber Direktorat Reskrimsus Polda Metro karena menyebarkan hoaks tentang adanya dua orang relawan covid 19 yang meninggal di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Pelaku menyebarkan berita bohong melalui Facebook atas nama akun ANG.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id