Polri Tunggu Laporan Dugaan Korupsi di ASABRI

    Candra Yuri Nuralam - 13 Januari 2020 16:42 WIB
    Polri Tunggu Laporan Dugaan Korupsi di ASABRI
    Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Mabes Polri siap mengusut kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI (Persero). Namun, Polri harus mendapat laporan sebelum ikut turun tangan.

    "Sampai saat ini pihak kepolisian masih menunggu laporan-laporan dari pihak berkepentingan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 13 Januari 2020.

    Polri tidak akan menutup mata dalam kasus tersebut. Polri akan terus memantau perkembangan kasus itu.

    "Kita terus mengikuti perkembangan yang terjadi terkait ada dugaan di ASABRI," ujar Asep.

    Dugaan adanya korupsi di ASABRI pertama kali diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Perusahaan pelat merah ini bermasalah seperti PT Jiwasraya yang membuat negara merugi Rp 10,4 triliun

    "Ya saya mendengar ada isu korupsi di ASABRI yang mungkin itu tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud MD, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    Mahfud sudah mengonfirmasi dugaan korupsi itu kepada beberapa pihak terkait. Mahfud mendorong penegak hukum menindaklanjuti temuan ini.  "Jangan didiamkan. Mari kita giring ke proses hukum, dan supaya diungkap ya," kata dia.

    Dikutip dari website resmi ASABRI, perusahaan pelat merah itu berbentuk perseroan terbatas yang seluruh sahamnya dimiliki oleh negara diwakili Menteri BUMN selaku pemegang saham atau RUPS berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2003.

    Secara filosofis, ASABRI merupakan perusahaan asuransi jiwa bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang, dan memberikan perlindungan finansial untuk kepentingan prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS Kemhan/Polri.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id