Aturan Turunan UU Bantu Kerja KPK

    Media Indonesia - 22 Januari 2020 08:16 WIB
    Aturan Turunan UU Bantu Kerja KPK
    Plt juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik keinginan Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan turunan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Aturan bakal membantu Lembaga Antirasuah

    "Aturan-aturan tentunya harus memang ada karena kerja-kerja ke depan memang harus ada turunan dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019," plt juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa, 21 Januari 2020. 

    Ali mengungkapkan pihaknya telah melakukan persiapan terkait aturan turunan dari undang-undang itu. Hal itu dilakukan dengan kunjungan kerja pimpinan KPK ke beberapa kementerian terkait.

    "Dari kemarin kan memang kita sudah mendiskusikan itu. Beberapa pimpinan datang selain silaturahmi ke Kemenkumhan, ke beberapa kementerian," kata dia. 

    Presiden Joko Widodo akan menerbitkan tiga peraturan pemerintah (PP) dan empat peraturan presiden (perpres) soal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aturan baru ini turunan dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.
     
    Tiga PP yang akan diterbitkan terkait pengangkatan ketua dan anggota dewan pengawas, hasil penggeledahan, dan penyitaan tindak pidana korupsi, dan pengalihan pegawai KPK menjadi pegawai aparatur sipil negara.
     
    Sementara itu, empat perpres yang akan dikeluarkan, yakni soal supervisi pemberantasan tindak pidana korupsi, gaji dan tunjangan pegawai KPK, besaran hak keuangan dan fasilitas dewan pengawas KPK, serta organisasi dan tata kerja pimpinan KPK dan organ pelaksana KPK.

    "Untuk yang izin prakarsa dari Presiden belum terbit, sehingga belum dapat dilakukan pembahasan draf," ujar staf khusus Presiden bidang hukum Dini Purwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.


    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id