Polisi Periksa Pihak WhatsApp dan Facebook Terkait Kasus Ravio

    Siti Yona Hukmana - 19 Juni 2020 19:43 WIB
    Polisi Periksa Pihak <i>WhatsApp</i> dan <i>Facebook</i> Terkait Kasus Ravio
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya terus mengusut kasus peretasan WhatsApp milik peneliti kebijakan publik dan pegiat advokasi legislasi, Ravio Patra. Penyelidikan dilanjutkan dengan memeriksa pihak WhatsApp dan Facebook.

    "Betul (memeriksa pihak WhatsApp dan Facebook)," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

    Tubagus mengatakan pemeriksaan itu masih sebatas klarifikasi. Keterangannya belum dituangkan ke dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

    "Kita perlu mendatangkan yang ahlinya, tapi masih bersifat diskusi," ujar Tubagus.

    Ravio melaporkan kasus peretasan WhatsApp ke Polda Metro Jaya pada Senin, 27 April 2020. Laporan Ravio terdaftar dengan nomor TBL/2528/IV/YAN 2.5/2020 SPKT PMJ.

    Baca: Polisi Siap Hadiri Sidang Praperadilan Ravio Patra

    "Melalui laporan kepada pihak kepolisian, Ravio berharap agar polisi segera memproses kasus ini sehingga terungkap siapa peretas dan apa maksud tujuannya," kata kuasa hukum Ravio, Era Purnama Sari, Selasa, 28 April 2020.

    Akun WhatsApp Ravio diretas orang tak bertanggung jawab pada Rabu, 22 April 2020. Peretas disebut membuat pesan bernada provokasi menggunakan WhatsApp Ravio.

    Isi pesan itu, yakni 'Krisis sudah saatnya membakar! Ayo kumpul dan ramaikan 30 April aksi penjarahan nasional serentak semua toko yang ada di dekat kita bebas dijarah'. Akibat pesan itu, Ravio berurusan dengan polisi.

    Ravio ditangkap polisi di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 22 April 2020, pukul 22.00 WIB. Ravio digiring ke kantor polisi karena diduga menyebarkan provokasi lewat pesan WhatsApp.

    Ravio pun ditahan polisi. Dia baru diperbolehkan pulang dengan status saksi pada Jumat siang, 24 April 2020.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id