Kejagung Segera Eksekusi Uang Pengganti Kasus Indosat-IM2 Rp1,3 Triliun

    Siti Yona Hukmana - 19 Oktober 2021 11:08 WIB
    Kejagung Segera Eksekusi Uang Pengganti Kasus Indosat-IM2 Rp1,3 Triliun
    Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) segera mengeksekusi uang pengganti Rp1,3 triliun dalam perkara korupsi PT Indosat dan PT Indosat Mega Media (IM2). Eksekusi atas perkara yang bergulir sejak 2014 itu sempat terkendala gugatan tata usaha negara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) dan putusan Peninjauan Kembali (PK).

    "Saat ini gugatan TUN tersebut sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah) dan selanjutnya tinggal pelaksanaan eksekusi uang pengganti," kata Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Selasa, 19 Oktober 2021.

     



    Menurut Leonard, tim jaksa eksekutor tengah memproses eksekusi uang pengganti Rp1,3 triliun dari Indosat dan IM2. Uang triliunan rupiah itu untuk menutup kerugian negara akibat kasus korupsi penyalahgunaan jaringan frekuensi radio 2,1 GHz oleh Indosat IM2.

    "Jadi sesuai dengan surat perintah pelaksanaan putusan pengadilan (P48) yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, tim jaksa eksekutor sedang dalam proses eksekusi," ujar Leonard.

    Baca: Bareskrim Bakal Limpahkan Aset Terdakwa ASABRI ke Kejagung

    Gedung Indosat dikabarkan terancam disita untuk membayar uang pengganti dalam perkara korupsi Indosat dan IM2. Penyitaan akan dilakukan jika perusahaan telekomunikasi itu tidak membayar uang pengganti Rp1,3 triliun.

    Sebelumnya, kasus ini bermula dari tuduhan korupsi dalam penggunaan jaringan 2,1 GHz/3G PT Indosat terhadap eks Direktur Utama PT IM2 Indar Atmanto. Di pengadilan tingkat pertama, Indar dinyatakan terbukti bersalah melakukan korupsi selama 2006-2012, sehingga merugikan negara Rp1,36 triliun. Putusan itu dikuatkan Mahkamah Agung (MA).

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id