Pemerintah Berencana Bangun Pangkalan Militer Baru di Natuna

    Damar Iradat - 09 Januari 2020 18:26 WIB
    Pemerintah Berencana Bangun Pangkalan Militer Baru di Natuna
    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Pemerintah berencana membangun pangkalan militer baru di sejumlah wilayah Indonesia. Salah satunya di Natuna, Kepulauan Riau.

    "Tidak hanya di Natuna kita mau bikin pangkalan. Di Natuna, di Indonesia timur di beberapa tempat," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

    Ketua Umum Partai Gerindra itu tidak secara gamblang menjabarkan lokasi-lokasi yang akan dibangun pangkalan militer baru. Ia mengungkapkan pangkalan militer akan dibangun di sejumlah titik strategis Indonesia.

    "Masa saya paparan pertahanan untuk kalian semua," kata dia. 

    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku pembangunan pangkalan militer di Natuna sebatas rencana. Hal itu pertama kali diusulkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

    Namun, Mahfud juga belum mau bicara banyak soal pembangunan pangkalan militer itu. "Ini kan baru ide, karena harus disahkan dulu macam-macam," tutur Mahfud.

    Sedangkan Suharso mengaku pihaknya berencana membangun pangkalan laut di Natuna. Pembangunan pangkalan ini tidak terkait ketegangan diplomasi antara Indonesia dan Tiongkok di Perairan Natuna.

    "Enggak ada. Itu perencanaan memang jangka menengah kita kok," ujar Suharso.

    Pembangunan pangkalan militer akan dikerjakan dalam lima tahun. Pembangunan pangkalan militer ini termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

    Pangkalan militer terpadu di Natuna diresmikan pada Desember 2018. Presiden Joko Widodo dalam sambutan peringatan HUT ke-74 TNI pada 5 Oktober 2019 mengatakan akan membangun empat pangkalan militer baru di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id