Polisi Pastikan Antisipasi Ancaman Teror di Kerumunan

    Siti Yona Hukmana - 27 November 2020 23:43 WIB
    Polisi Pastikan Antisipasi Ancaman Teror di Kerumunan
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Polri, khususnya Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, dipastikan terus mewaspadai potensi terorisme di tengah kerumunan. Densus wajib memasang mata untuk mencegah hal terburuk terjadi.

    "Siapa pun (yang menggelar kegiatan menimbulkan kerumunan) kita lakukan pengamanan toh dan itu sudah ada bidang yang mengawasi terkait dengan teroris ya. Kita serahkan pada ahlinya Densus 88 Antiteror," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Awi Setiyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 27 November 2020. 

    Indonesia Police Watch (IPW) sempat menyoroti maraknya kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa akhir-akhir ini. Fenomena ini dikhawatirkan dimanfaatkan kelompok teroris. 

    Baca: Terorisme Sayap Kanan Meningkat, Ancaman dari Radikal Islam Menurun

    "Kepolisian, terutama jajaran intelijen, Detasemen Khusus 88, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) perlu mewaspadai akan munculnya aksi terorisme," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 November 2020. 

    Menurut dia, kerumunan massa bisa membuat kalangan radikal dan jaringan terorisme leluasa bergerak. Sementara itu, menjelang akhir 2020 ada potensi kerumunan dari masyarakat yang berlibur saat Natal dan Tahun Baru 2021. 

    Kerumunan yang belakang terjadi antara lain, penjemputan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 10 November 2020. Selain itu, ada kerumunan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, dan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 13 November 2020, serta pernikahan anak Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November 2020.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id