Kasus Korupsi Proyek Alkes dan Lab Unair Segera Disidang

    Theofilus Ifan Sucipto - 19 Februari 2021 08:34 WIB
    Kasus Korupsi Proyek Alkes dan Lab Unair Segera Disidang
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara Minarsih dan Bambang Giatno Rahardjo ke pengadilan pada Kamis, 18 Februari 2021. Kedua tersangka kasus korupsi peralatan kesehatan dan laboratorium RS Tropik Infeksi di Universitas Airlangga (Unair) Tahap I dan II Tahun Anggaran 2010 itu segera disidang.

    “Diserahkan ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 Februari 2021.




    Penahanan Bambang diserahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Sementara itu, penahanan Minarsih tak dilimpahkan karena masih menjalani pidana badan terkait perkara sebelumnya.

    Dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan RS Universitas Airlangga ini mulai disidik pada 18 Desember 2015. KPK kemudian menetapkan Bambang dan Minarsih sebagai tersangka.

    Baca: Geledah Kantor BPO dan Disdikpora DIY, KPK Bawa 32 Dokumen

    Bambang dan Minarsih dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Keduanya juga dijerat dakwaan subsider Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

    Bambang saat melakukan rasuah menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dia kongkalikong dengan Minarsih yang memegang jabatan Direktur Marketing di PT Anugrah Nusantara, vendor proyek tersebut.

    Proyek tersebut bernilai Rp87 miliar. Rasuah yang dilakukan keduanya ditaksir merugikan negara Rp17 miliar.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id