comscore

Kemendagri Ciptakan Indikator Kepatuhan Penyusunan Produk Hukum Daerah

Wandi Yusuf - 21 Juni 2022 11:22 WIB
Kemendagri Ciptakan Indikator Kepatuhan Penyusunan Produk Hukum Daerah
Rapat Koordinasi Nasional Produk Hukum Daerah. Foto: Dok Kemendagri
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menciptakan indikator kepatuhan penyusunan produk hukum daerah. Produk ini diharapkan membuat pemerintah daerah bisa membuat produk hukum sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan.

"Sehingga kualitas produk hukum daerah dapat meningkat sesuai dengan tujuan dari otonomi daerah," kata Pelaksana harian Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Suhajar Diantoro, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Produk Hukum Daerah dan Launching Indeks Kepatuhan Daerah (IKD) di Mercure Convetion Center Ancol, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.
Menurutnya, pengaturan yang tumpang tindih dapat mengakibatkan terhambatnya pembangunan di daerah. Maka, perlu ada kepastian hukum. 

Suhajar mengatakan pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah perlu memerhatikan berbagai aspek. Terutama pada segi materi muatan dan mekanisme pembentukannya. 

Pada indikator ini terdapat Indeks Kepatuhan Daerah (IKD). IKD merupakan bagian dari sistem aplikasi e-Perda. Tujuannya, peraturan daerah yang dibentuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Harapannya dapat memberikan kepastian hukum dalam berinvestasi, sehingga dapat meningkatkan iklim investasi dan meningkatkan kesejahteraan serta menjamin perlindungan terhadap kehidupan masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri ini.

Baca: Pembentukan Daerah Otonomi Baru Dinilai Tidak Mendesak

Indeks kepatuhan terhadap pembentukan peraturan daerah terdiri atas 5 aspek, 12 variabel, dan 39 indikator parametrik penilaian. Kelima aspek itu berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id