Ratusan Narapidana Lapas Salemba Dibebaskan

    Christian - 04 April 2020 18:41 WIB
    Ratusan Narapidana Lapas Salemba Dibebaskan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta, kembali bisa menghirup udara bebas. Mereka mendapatkan hak asimilasi dan integrasi dalam rangka mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

    "Dari 130 yang bebas, terbagi jumlah keluarnya. Pada hari pertama 25 (orang), 10, 70, dan 25 yang sudah dibebaskan," ujar Kepala Lapas Salemba, Kadiyono, Jakarta,Sabtu, 4 April 2020.

    Pembebasan terhadap 130 narapidana ini mengacu pada Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-19.PK/01.04.04 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Total ada 30 ribu narapidana yang akan dibebaskan di seluruh Indonesia.

    Kadiyono mengatakan narapidana yang mendapatkan asimilasi dan integrasi tetap wajib lapor. Mereka juga dilarang berkeliaran bebas sesuai tujuan pemerintah memberikan asimilasi dan integrasi.

    "Wajib lapor satu minggu sekali ke Bapas (Badan Pemasyarakatan). Tapi wajib lapornya enggak harus datang, dapat via online," kata dia.

    Baca: Yasonna Bakal Bebaskan 30 Ribu Napi untuk Cegah Penyebaran Korona

    Kadiyono menjelaskan para narapidana baru terbebas dari kewajiban melapor setelah masa hukuman penjaranya berakhir. Mereka yang mendapat hak asimilasi sudah menjalani setengah dari masa pidananya. Sedangkan narapidana yang menerima hak integrasi sudah menjalani dua per tiga vonis.

    "Jadi kalau sudah selesai asimilasi tinggal jalani menjalani pembebasan," ujar dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id