Anggota Dilarang Bikin Macet saat Razia Kendaraan

    M Sholahadhin Azhar - 29 Agustus 2017 19:39 WIB
    Anggota Dilarang Bikin Macet saat Razia Kendaraan
    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra - MTVN/M Sholahadhin Azhar,
    medcom.id, Jakarta: Razia surat kendaraan bermotor kerap dilakukan polisi di jalan raya. Akibat razia itu, tak jarang kemacetan menjamur, terlebih jika razia dilakukan tepat di tikungan.

    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra melarang razia dilakukan di tikungan. Dia meminta razia tidak menggangu perjalanan pengendara. 

    "Tidak di tikungan. Kita harapkan tidak menggangu perjalanan lalu lintas," kata Halim di Polda Metro Jaya, Selasa 29 Agustus 2017.

    Selain tak boleh beroperasi di tikungan dan menyebabkan macet, anggota juga harus menaati aturan. Antara lain membawa surat perintah dari atasan mereka. Hal ini yang menandakan bahwa razia tersebut resmi, dan bukan ilegal.

    Masyarakat dikatakan Halim berhak menanyakan dengan sopan surat perintah razia. Selain itu, satuan yang sedang menyisir surat kendaraan bermotor juga harus memasang rambu. Dengan demikian pengendara bisa melihat ada razia di depan.

    Halim menyebut, ciri operasi legal dan ilegal jelas berbeda. Surat perintah dan rambu termasuk dalam operasi legal. Selain itu diwajibkan juga ada Perwira yang bertugas di satuan. Jika tidak demikian, maka bisa dipastikan razia tersebut ilegal.

    "Soal surat juga harus jeli masyarakat lihat ada instasi kepolisian. Ini rambu ada pakaian seragam, pakai ada surat perintah resmi bahwa itu formal," papar dia. 
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id