comscore

Pencegahan dan Pendidikan Diyakini Bisa Menekan Angka Korupsi

Candra Yuri Nuralam - 29 Juni 2022 13:11 WIB
Pencegahan dan Pendidikan Diyakini Bisa Menekan Angka Korupsi
Plt juru bicara KPK, Ali Fikri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menguatkan upaya pencegahan dan pendidikan antirasuah di Indonesia. Kedua upaya itu diyakini bisa menekan angka korupsi.

"Melalui upaya pencegahan dan pendidikan, kita bisa sedari awal menekan angka korupsi, bahkan menyelamatkan aset negara yang berpotensi dikorupsi dengan dikuasai pihak-pihak tidak berwenang," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 29 Juni 2022.
Ali mengatakan gencarnya penindakan perkara tidak bisa memaksimalkan pemberantasan korupsi di Indonesia. Memadukan pencegahan, pendidikan, dan penindakan diyakini bisa membuat pemberantasan rasuah di Tanah Air lebih maksimal.

"Tentu harus kita imbangi dengan upaya pencegahan agar sistem tidak lagi terbuka untuk orang-orang bisa melakukan praktik curang atau korupsi," ujar Ali.

Pendidikan dan pencegahan korupsi juga diyakini meningkatkan integritas masyarakat. Sikap koruptif diyakini menghilang jika integritas masyarakat sudah kuat.

"Secara individu pun harus ditanamkan kesadaran berperilaku jujur dan integritas, agar pada dirinya tidak muncul niatan untuk melakukan korupsi," kata Ali.
 

Baca: Dapat Wejangan dari KPK, Golkar Janji Kadernya Tak Korupsi Lagi


KPK berharap upaya pencegahan dan pendidikan ini didukung semua lembaga di Indonesia. Dukungan dari masyarakat juga dibutuhkan untuk membuat penghapusan tindakan korupsi di Indonesia.

"Melalui intevensi tiga upaya tersebut, penindakan, pencegahan, dan pendidikan kepada masyarakat, serta sinergi seluruh APH, jajaran pemerintah, BUMN/BUMD, bersama unsur masyarakat lainnya, maka mewujudkan cita-cita Indonesia yang maju sejahtera bersih dari korupsi adalah sebuah keniscayaan," kata Ali.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id