comscore

Aliran Suap Perizinan Usaha di Sidoarjo Diselisik

Candra Yuri Nuralam - 20 April 2022 11:07 WIB
Aliran Suap Perizinan Usaha di Sidoarjo Diselisik
Plt juru bicara KPK Ali Fikri/Medcom.id/Arga
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga saksi pada Selasa, 19 April 2022. Ketiganya diperiksa dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

"Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain adanya dugaan aliran sejumlah uang dari berbagai pihak swasta yang mendapatkan izin usaha di Pemkab Sidoarjo oleh pihak yang terkait dengan perkara ini," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
Ketiga saksi ialah Direktur PT Chalidana Inti Permata, Mochammad Ilyas; Direktur PT Hasta Prajatama, Imam Rochmad; dan Direktur PT Pondok Tjandra Indah, Widjaja Sugiharto. Ali enggan memerinci besaran uang yang diguyurkan ke pihak terkait dalam kasus ini untuk menjaga kerahasiaan proses penyidikan.

Baca: Perizinan Usaha di Sidoarjo Diduga Mensyaratkan Pemberian Uang

Dugaan penerimaan gratifikasi ini merupakan pengembangan dari kasus korupsi yang menjerat mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Saiful sudah divonis tiga tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.
 
Saiful dinyatakan terbukti bersalah dan meyakinkan menerima suap terkait sejumlah proyek infrastruktur pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sidoarjo.
 
Saiful Ilah dijerat dengan Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Nomor 20 Tahun 2001, juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id