KPK Pelajari Vonis Tubagus Chaeri Wardhana

    Fachri Audhia Hafiez - 16 Juli 2020 20:37 WIB
    KPK Pelajari Vonis Tubagus Chaeri Wardhana
    Tangkapan layar sidang vonis Tubagus Chaeri Wardhana yang disiarkan melalui akun YouTube KPK. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikap pikir-pikir atas vonis Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu divonis empat tahun penjara serta denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

    "Jaksa penuntut saat ini bersikap pikir-pikir dan akan pelajari pertimbangan putusan majelis hakim," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020.

    Jaksa diberi waktu tujuh hari ke depan untuk membanding vonis tersebut. Lembaga Antirasuah memastikan menghormati putusan majelis hakim.

    Baca: Hakim Gugurkan Dakwaan TPPU Wawan

    Ali mengatakan, pihaknya yakin KPK telah menuntut Wawan sesuai dengan bukti-bukti dalam perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam amarnya, majelis menyatakan dua dakwaan TPPU Wawan tidak terbukti.

    "Khusus dakwaan TPPU, dari awal KPK yakin atas bukti-bukti yang dimiliki. Sudah kami perlihatkan secara jelas dan lengkap di dalam persidangan ini," ujar Ali.

    Wawan terbukti korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di lingkungan Dinas Kesehatan Banten. Namun, perbuatan TPPU Wawan dinyatakan tidak terbukti.

    "Membebaskan terdakwa oleh karena itu dalam dakwaan kumulatif kedua dan dakwaan kumulatif ketiga tersebut," kata Ketua Majelis Hakim Ni Made Sudani di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Juli 2020.

    Wawan juga dijatuhkan pidana tambahan berupa membayar uang pengganti sebesar Rp58.025.103.859. Apabila tidak dapat membayar maka hartanya akan disita untuk menutupi pembayaran uang pengganti tersebut.

    "Apabila hartanya tidak cukup uang pengganti diganti dengan pidana kurungan selama satu tahun," ujar Ni Made.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id