KPK 'Tutup Kuping' Disebut Tak Bertaring

    Candra Yuri Nuralam - 13 Februari 2020 22:15 WIB
    KPK 'Tutup Kuping' Disebut Tak Bertaring
    Ilustrasi. Medcom.id.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 'tutup kuping' dengan tudingan sejumlah pihak yang menyebut tak lagi bertaring. Lembaga Antirasuah akan fokus bekerja menuntaskan perkara-perkara yang tengah ditangani.

    "KPK harus terus bekerja untuk buktikan kerjanya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Februari 2020.

    Menurut Ali, penilaian lembaga survei membuktikan masyarakat masih membutuhkan KPK. Penilaian itu dianggap sebagai kritik membangun.

    "Tentunya ini menunjukkan harapan masyarakat kepada KPK masih sangat besar untuk terus bekerja yang mana kita tahu sampai saat ini KPK terus bekerja dalam penindakan dan menetapkan beberapa orang tersangka," ujar Ali.

    Komisi Antirasuah hingga saat ini terus bekerja sesuai hukum yang berlaku. Dia berkelit KPK melemah. KPK diklaimnya sudah melakukan banyak tindakan dalam pemberantasan korupsi.

    KPK 'Tutup Kuping' Disebut Tak Bertaring
    Pelaksana tugas (Plt.) juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

    "Dari tadi suap KPU, Sidoarjo, Bengkalis, DPRD Sumut, dan penahanan seperti kasus Bengkalis, RTH Bandung, Solok Selatan, dan tetap terus melakukan penyelidikan dan tuntutan seperti biasa berjalan, termasuk juga kegiatan lain yang masuk dalam tugas pokok fungsi KPK sebagai amanat undang-undang," tutur Ali.

    Lembaga Survei Alvara Research Center merilis data kepuasan publik terhadap kinerja lembaga negara di 100 hari kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Survei itu menunjukan kepuasan publik terhadap kinerja KPK menurun.

    Berdasarkan survei Alvara pada Agustus 2019, KPK berada di posisi kedua tertinggi. Sedangkan, pada Februari 2020 mereka berada di peringkat kelima.





    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id