Diduga Hina NU, Gus Nur Dilaporkan ke Bareskrim

    Siti Yona Hukmana - 22 Oktober 2020 17:58 WIB
    Diduga Hina NU, Gus Nur Dilaporkan ke Bareskrim
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dilaporkan oleh Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon Azis Hakim ke Bareskrim Polri. Gus Nur dipolisikan atas dugaan penghinaan terhadap lembaga NU.

    "Hari ini (pengaduan) masih (ada) di Robinops Polri, akan disalurkan (dilimpahkan) ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim. Pada intinya, masih berproses," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/02596/X/2020/Bareskrim bertanggal 21 Oktober 2020. Gus Nur disangkakan Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

    Gus Nur juga dilaporkan ke Polres Pati, Jawa Tengah. Laporan di Polres Pati dibuat oleh Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pati.

    Baca: Gus Nur Dilaporkan Atas Dugaan Lecehkan NU

    Gus Nur dianggap telah melecehkan NU dan sejumlah tokohnya di kanal Youtube. Gus Nur disebut telah melakukan penyebaran informasi yang menimbulkan ujaran kebencian atau permusuhan terhadap individu dan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Gus Nur disangkakan Pasal 45A ayat (2) UU ITE.

    Berikut pernyataan Gus Nur yang membuatnya berurusan dengan polisi: 'NU saat ini diibaratkan sebagai bus umum yang sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kernetnya ugal-ugalan, dan penumpangnya kurang ajar sehingga kesucian NU saat ini tidak ada lagi'.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id