75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, BKN: Tes Mengukur 3 Aspek

    Aria Triyudha - 08 Mei 2021 23:42 WIB
    75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, BKN: Tes Mengukur 3 Aspek
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Badan Kepegawaian Negara (BKN) buka suara terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). BKN mengungkapkan TWK mengukur tiga aspek.

    "Aspek integritas, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dan antiradikalisme," kata Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Mei 2021.

     



    Paryono menjelaskan aspek integritas mengukur konsistensi berperilaku yang selaras dengan nilai, norma, dan etika organisasi/berbangsa dan bernegara. Sedangkan, netralitas ASN untuk memastikan tindakan yang dilakukan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun. Termasuk, tidak memihak kepentingan siapa pun.

    "Antiradikalisme dimaksudkan untuk memastikan bahwa peserta tidak menganut paham radikalisme negatif, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pemerintahan yang sah, dan/atau tidak nemiliki prinsip liberalisme yang membahayakan kelangsungan kehidupan bernegara," papar Paryono.

    (Baca: BKN Sebut TWK Pegawai KPK Berbeda dengan CPNS)

    Paryono menyebut ketiga aspek itu sebagai landasan prinsip profesi ASN atau syarat seperti yang diuraikan dalam Pasal 3, 4, dan 5, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK Menjadi Pegawai ASN.

    Paryono mengungkapkan 1.357 pegawai diusulkan mengikuti asesmen, namun 8 orang tidak hadir. Peserta yang hadir 1.349 orang.

    Sementara itu mereka yang tak hadir, rinciannya 3 orang sedang tugas belajar di luar negeri, 1 peserta pensiun, 2 peserta mengundurkan diri, 1 peserta diberhentikan sebagai pegawai KPK, dan 1 peserta lainnya tanpa keterangan.

    "Hasil asesmen TWK yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sejumlah 1.274 peserta dan yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sejumlah 75 peserta," tutur Paryono.

    Penyerahan hasil asesmen oleh Kepala BKN kepada Sekjen KPK pada Selasa, 27 April 2021, di Kantor  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PanRB). "Antara lain disaksikan oleh Menteri PanRB, Ketua KPK, dan para Wakil Ketua, serta Dewan KPK, Ketua KASN, dan para JPT Madya dari KemenpanRB, BKN, LAN dan
    ANRI," tutur Paryono.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id