3 Eks Petinggi FPI Ditangkap Densus 88 di Makassar

    Siti Yona Hukmana - 04 Mei 2021 22:24 WIB
    3 Eks Petinggi FPI Ditangkap Densus 88 di Makassar
    Ilustrasi Densus 88/Medcom.id



    Jakarta: Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga eks petinggi Front Pembela Islam (FPI) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketiganya ialah AR, MU, dan AS. 

    "Iya benar penangkapan dilakukan di rumahnya masing-masing di Makassar," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021. 






    Zulpan tidak memerinci waktu dan detail lokasi penangkapan. Dia mengatakan penangkapan ketiganya berkaitan dengan tersangka teroris Munarman yang ditangkap pada Selasa, 27 April 2021 lalu. 

    "Hal tersebut terkait pengembangan kasus saudara Munarman yang ditangkap di Tangerang beberapa waktu yang lalu," ujar Zulpan. 

    Ketiganya menjalani pemeriksaan intensif penyidik Densus 88. Penyidik menggali dugaan keterlibatan mereka dengan kasus Munarman. 

    Baca: Penangkapan Munarman Terkait Terorisme Diyakini Tak Melanggar Hukum

    Eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) FPI Munarman diringkus di kediamannya, Perumahan Modern Hills, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa, 27 April 2021. Munarman ditahan di Rumah Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

    Munarman ditangkap buntut dugaan keterlibatan dalam pembaiatan di beberapa lokasi. Pertama, pembaiatan di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. 

    Kedua, pembaitan di Makassar dan Medan. Polisi menyebut pembaiatan di Makassar terafiliasi dengan jaringan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS).

    Kemudian, Densus 88 menggeledah bekas kantor sekretariat organisasi masyarakat (ormas) terlarang itu. Sejumlah bahan baku peledak di sita, salah satunya triaseton triperoksida (TATP) atau zat kimia berdaya ledak tinggi. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id