comscore

Strategi Provider Disebut Mesti Didukung Menunjang Iklim Investasi

Antara - 17 November 2021 19:54 WIB
Strategi Provider Disebut Mesti Didukung Menunjang Iklim Investasi
Ilustrasi infrastruktur telekomunikasi/istimewa
Jakarta: Pemerintah diminta mengawal merger provider telekomunikasi. Hal tersebut dipaparkan ahli hukum Universitas Indonesia Ditha Wiradiputra menyikapi merger PT Indosat Tbk dan PT Hutchison (Tri).

"Jangan sampai terjadi kesalahan yang membuat Indosat dan Tri teriak komplain karena merasa terzalimi. Kalau mereka teriak komplain, pemerintah pasti akan gelagapan," kata Ditha dikutip dari Antara, Rabu, 17 November 2021.

 



Menurut dia, pemerintah harus mendukung strategi bisnis provider telekomunikasi. Sebab, hal ini berkaitan dengan iklim investasi di Indonesia, apalagi pemerintah tengah mendorong transformasi digital melalui implementasi omnibus law.

Di sisi lain, Ditha menyebut wajar pemerintah memberi syarat Indosat dan Tri memenuhi komitmen membangun infrastruktur. Sebab, ada syarat merger penambahan layanan site hingga 2025 sesuai jumlah desa dan kelurahan yang belum terlayani internet.

"Agar Indosat dan Tri memenuhi komitmennya, membangun infrastruktur sehingga frekuensi yang dimilikinya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jangan sampai ada frekuensi yang penggunaannya mubazir," kata dia.

Baca: Kominfo Restui Merger Indosat dan Tri

Ditha mengatakan frekuensi bukan punya perusahaan, melainkan milik negara yang dipinjamkan ke provider untuk dikelola. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut dia, merger perlu didukung sebab memperkuat pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang belum selesai dibangun. "Konsolidasi ini juga diharapkan dapat mendukung pemanfaatan teknologi baru dan memulai 5G deployment di Indonesia," kata dia.

Pengamat telekomunikasi Heru Sutadi menilai omnibus law mesti maksimal mendukung merger kedua perusahaan. Jangan sampai, penggabungan dua provider serupa dengan merger XL Axiata-Axis Telekom Indonesia sebelum ada omnibus law.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id