comscore

KPK Minta PPATK Usut Transaksi Pengadaan Terkait Penanganan Covid-19

Candra Yuri Nuralam - 18 November 2021 12:56 WIB
KPK Minta PPATK Usut Transaksi Pengadaan Terkait Penanganan Covid-19
Gedung Merah Putih KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan laporan masyarakat soal 'permainan' pengadaan di tengah pandemi covid-19. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) diminta membantu memeriksa transaksi keuangan terkait dugaan penyelewengan ini.

"Mendalami transaksi-transaksi dari para pihak yang kami duga berkaitan dengan pengadaan bantuan sosial (bansos) kah atau alat kesehatan (alkes) dan lain sebagainya," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Kamis, 18 November 2021.
Alex masih belum bisa memerinci lebih jauh 'permainan' yang dimaksud. Pasalnya, laporan itu masih sumir. Namun, PPATK juga melaporkan hal serupa.

Baca: KPK Terima Laporan Transaksi Mencurigakan Pejabat dari PPATK

"Kalau yang laporan proaktif PPATK ada juga beberapa menyangkut kegiatan di masa pandemi. Ada, harus saya akui ada," ujar Alex.

Lembaga Antikorupsi dipastikan tidak akan membiarkan laporan tersebut tak tertangani. KPK tengah menghimpun informasi untuk menindaklanjuti laporan itu.

Di sisi lain, jika nantinya laporan itu ternyata bukan ranah kewenangan KPK, kasus bakal dilepas. Lembaga Antikorupsi tidak bisa menindak semua laporan terkait transaksi keuangan.

"Itu tentu akan kita lihat predicate crime-nya (kejahatan asal). Sekali lagi wewenang KPK di tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait tindak pidana korupsi. Nah, itu sedang kita cari," tutur Alex.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id