Osimin Wenda, DPO Polres Puncak Jaya Ditangkap

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 Juli 2021 14:10 WIB
    Osimin Wenda, DPO Polres Puncak Jaya Ditangkap
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Osimin Wenda, 30, salah satu daftar pencarian orang (DPO) Polres Puncak Jaya, Papua, ditangkap. Osimin sempat terlibat dalam aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

    “Saat ini pelaku dalam pemeriksaan intensif penyidik Satuan Reskrim Polres Puncak Jaya,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Jumat, 23 Juli 2021.

     



    Ahmad menyebut penangkapan bermula dari informasi yang diberikan kepada tim gabungan sekitar 07.30 WIT, Kamis, 22 Juli 2021. Tim gabungan mendapat kabar salah satu DPO Polres Puncak Jaya turun ke kota dan berada di pasar.

    Tim gabungan langsung menyelidiki ke Pasar Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Sekitar pukul 11.00 WIT, tim melihat Osimin menuju Distrik Philipa dengan kendaraan roda dua.

    “Pada pukul 11.25 WIT, tim memberhentikan pelaku di Wandigobak dan langsung melakukan penangkapan,” ujar Ahmad.

    Baca: 2 Anggota TNI Ditembak KKB di Nduga Papua

    Hasil pemeriksaan awal, Osimin divonis penjara seumur hidup pada 2014. Osimin kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura pada 2018.

    “Aktivitas pelaku diketahui seringkali melakukan pemalangan terhadap para sopir truk yang melintas di jalan baru menuju Philia,” papar dia.

    Osimin terlibat dalam berbagai aksi kejahatan KKB di Papua. Mulai dari penyerangan Polsek Pirime pada November 2012; terlibat penembakan rombongan Kapolda Papua kala itu, Irjen Tito Karnavian, pada 2012; hingga terlibat kontak tembak dengan personel gabungan di Kampung Popome pada 2018.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id