comscore

Sidang Azis Syamsuddin, Hakim Singgung Caleg Gagal Batalkan Bantuan ke Warga

Fachri Audhia Hafiez - 06 Januari 2022 19:52 WIB
Sidang Azis Syamsuddin, Hakim Singgung Caleg Gagal Batalkan Bantuan ke Warga
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin saat persidangan. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Hakim anggota, Fahzal Hendri, menyinggung mengenai calon anggota legislatif (caleg) yang gagal terpilih bisa membatalkan bantuan yang diberikan ke warga. Hal itu disampaikan Fahzal saat persidangan kasus dugaan suap yang menjerat mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Awalnya persidangan tersebut memberikan kesempatan mendengarkan tanggapan dari saksi meringankan untuk Azis, Irawan Dimyati. Irawan bercerita mengenai Azis yang pernah menyumbang untuk pembangunan masjid di Bojong Awi Kaler, Bandung, Jawa Barat.
"Bapak (saya) cerita ke saya bagaimana kalau kita (minta) kepada beliau (Azis) untuk bantuan menyelesaikan pembangunan masjid," kata Irawan saat persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Januari 2022.

Menurut Irawan, terdapat empat masjid di lokasi yang berbeda dibantu proses pembangunannya oleh Azis. Namun, Irawan mengetahui cerita itu dari almarhum ayahnya.

Irawan mengatakan bantuan dari Azis sekitar 2011 itu tidak terkait dengan daerah pemilihan (dapil). Menurut dia, dapil Azis berada di Lampung.

"Enggak sama sekali (terkait dapil). Setahu saya Lampung," ujar dia.

Hakim Fahzal Hendri memastikan bahwa bantuan itu ikhlas diberikan Azis. Fahzal menyinggung mengenai caleg yang bila kalah maka akan mengembalikan semua bantuan yang diberikan ke warga.

"Artinya ikhlas enggak ada hubungannya sama politik gitu loh. Ada juga orang yang menyumbang itu kan untuk meraih suara. Kalau dia kalah dia ambil lagi sumbangannya. Benar tidak? Ada itu, berikan ke masjid berupa karpet, dia kalah dia ambil lagi karpetnya," ujar Fahzal.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id