comscore

Kejagung Segera Periksa Saksi Kasus Korupsi Satelit Kemenhan

Tri Subarkah - 16 Maret 2022 20:14 WIB
Kejagung Segera Periksa Saksi Kasus Korupsi Satelit Kemenhan
Kejaksaan Agung. Foto: MI
Jakarta: Saksi-saksi terkait kasus korupsi proyek pengadaan Satelit Komunikasi Pertahanan (Satkomhan) slot orbit 123 derajat Bujur Timur pada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) segera diperiksa. Pemeriksaan dilakukan setelah gelar perkara pada Rabu, 16 Maret 2022.

"Langkah strategis itu untuk melakukan pemanggilan saksi-saksi dan melakukan tindakan hukum lainnya," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaa Agung (Kejagung) Ketut Sumedana, saat dikonfirmasi, Rabu, 16 Januari 2022.
Sebelumnya, penyidikan dugaan korupsi Satkomhan dilakukan oleh jajaran Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus). Penyidikan koneksitas diputuskan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin pada Senin, 14 Februari 2022, setelah menemukan indikasi keterlibatan unsur militer dan sipil sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam perkara itu.

Baca: Dugaan Korupsi di Krakatau Steel Naik ke Penyidikan

Selama proses penyidikan di Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM-Pidsus), terdapat tiga saksi dari militer yang telah diperiksa. Mereka adalah Laksamana Madya (Purn) AP, Laksamana Muda (Purn) L, dan Laksamana Pertama (Purn) L.

Laksdya AP adalah mantan Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan Kemenhan. Sementara Laksda L dan Laksma L masing-masing menjabat sebagai mantan Kepala Badan Saranan Pertahanan Kemhan dan mantan Kepala Pusat Pengadaan pada Badan Sarana Pertahanan Kemenhan.

Burhanuddin juga telah meneken Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor 69 Tahun 2022 mengenai tim penyidik konekitas perkara korupsi Satkomhan. Tim itu terdiri dari penyidik JAM-Pidmil, penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus), Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI, dan Oditur Militer.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id