KPK Akan Beberkan Jatah Kuota Bansos di Persidangan

    Dhika Kusuma Winata - 30 Maret 2021 02:47 WIB
    KPK Akan Beberkan Jatah Kuota Bansos di Persidangan
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan kepada media di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji membeberkan adanya dugaan bagi-bagi jatah kuota bantuan sosial (bansos). Semua hasil penyidikan akan dibuka di persidangan.

    "Silakan ikuti karena itu terbuka untuk umum, termasuk soal hasil penyidikan akan kami buka seluruhnya beserta alat bukti yang kami miliki," kata pelaksana tugas (plt) juru bicara KPK Ali Fikri, Jakarta, Senin, 29 Maret 2021.






    Pernyataan Ali itu menjawab desakan pengamat politik Effendi Gazali. Effendi meminta Lembaga Antirasuah membuka nama-nama vendor penyedia bansos beserta kuota dan pihak yang diduga memberi rekomendasi.

    Ali Fikri mengatakan proses penegakan hukum tak bisa dibeberkan seluruhnya ke publik. Hal itu sesuai Pasal 17 Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

    Ada bagian strategi penyidikan sehingga tidak bisa disampaikan ke publik. Keseluruhannya baru akan dibuka di persidangan.

    "Sesuai ketentuan Pasal 17 UU tentang Keterbukaan Informasi Publik, ada beberapa informasi yang dikecualikan dalam hal proses penegakan hukum," ucap Ali Fikri.

    Baca: Effendi Gazali Diduga Titip Perusahaan dalam Pengadaan Bansos

    Effendi Gazali melayangkan surat meminta KPK membuka nama vendor bansos. Permohonan itu mengacu UU tentang Keterbukaan Informasi Publik. Menurut dia, permohonan informasi publik itu penting agar tak terjadi hoaks dan pembunuhan karakter.

    Effendi sebelumnya turut diperiksa penyidik KPK sebagai saksi dalam perkara itu. Effendi diduga memberikan rekomendasi vendor bansos kepada tersangka Adi Wahyono. 

    Namun, Effendi menepis tuduhan itu. Dia mengatakan tak mengenal perusahaan tertentu yang disebut-disebut mendapat kuota bansos.


    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id