Kapolri Jamin Oknum Terlibat Kasus Djoko Tjandra Diusut Tuntas

    Siti Yona Hukmana - 31 Juli 2020 16:01 WIB
    Kapolri Jamin Oknum Terlibat Kasus Djoko Tjandra Diusut Tuntas
    Kapolri Jenderal Idham Azis. Medcom.id
    Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan pihak-pihak yang terlibat dalam pelarian Djoko Soegiarto Tjandra akan diproses hukum. Komitmen itu sebagi upaya bersih-bersih Polri terhadap oknum nakal.

    "Sekali lagi ini bentuk komitmen kami. Kami akan transparan, objektif, untuk usut tuntas apa yang terjadi," kata Idham dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020.

    Idham menuturkan penangkapan Djoko Tjandra merupakan komitmen Polri menjawab keraguan publik. Dia memastikan terus mengawal proses hukum terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali itu.

    Dia mengungkapkan penangkapan Djoko Tjandra bermula dari perintah Presiden Joko Widodo. Pihaknya lalu membuat tim khusus.

    "Perintah itu kemudian kami laksanakan. Kita bentuk tim kecil karena infonya yang bersangkutan berada di Malaysia," kata Idham.

    (Baca: Anita Kolopaking Tersangka Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra)

    Pihaknya lalu mengirimkan surat kepada kepolisian Malaysia. Surat berisi permintaan kerja sama police to police untuk menangkap Djoko Tjandra yang terdeteksi berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Proses kerja sama dan kerja keras tim membuahkan hasil. Djoko terlacak pada Kamis sore, 30 Juli 2020.

    Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo lalu berangkat ke Malaysia memimpin proses penangkapan. Dia turut didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Sigit.

    "Djoko Tjandra ini memang licik dan sangat pandai. Dia kerap berpindah-pindah tempat. Tapi, alhamdulillah berkat kesabaran dan kerja keras tim Djoko Tjandra berhasil kita amankan," tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

    Djoko ditangkap dan dibawa ke Indonesia pada Kamis malam, 30 Juli 2020. Kini dia tengah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id