Komjen Listyo: Teroris Musuh Bersama, Wajib Kita Perangi

    Siti Yona Hukmana - 20 Januari 2021 15:55 WIB
    Komjen Listyo: Teroris Musuh Bersama, Wajib Kita Perangi
    Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR, Jakarta. MI/POOL



    Jakarta: Calon Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo memastikan bakal menumpas terorisme di Indonesia. Dia mengajak semua pihak berperan aktif memerangi terorisme.

    "Sekali lagi, teroris itu adalah musuh bersama kita semua, jadi wajib bagi kita untuk mencekal, mencegah, dan memerangi," ujar Listyo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri di Ruang Sidang Komisi III DPR, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Januari 2021.




    Listyo menegaskan teror bukan bagian dari ajaran agama apa pun. Pelaku kerap memanfaatkan agama tertentu untuk 'menghalalkan' aksinya.

    "Semua agama mengajarkan kasih sayang. Termasuk Islam di dalamnya yang mengajarkan Islam rahmatan lil alamin (rahmat bagi semesta)," tutur Listyo.

    (Baca: Komjen Listyo: Polri Perlu Mengedepankan Pendekatan Lembut)

    Sebelumnya, Listyo memaparkan upaya-upaya menangani tindak pidana terorisme saat resmi menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Salah satunya, mendeteksi aksi terorisme dan melakukan pendekatan lunak.

    Pendekatan itu akan dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), masyarakat sipil, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan mantan narapidana terorisme. Tujuannya, agar masyarakat tidak terpapar aliran radikalisme dan terorisme.

    "Namun, apabila berpotensi mengganggu keamanan dan keselamatan rakyat, maka Polri tetap akan melakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku," ujar Kabareskrim Polri itu.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id