Kerugian Nasabah Jouska Bertambah Menjadi Rp13 Miliar

    Siti Yona Hukmana - 12 November 2020 15:22 WIB
    Kerugian Nasabah Jouska Bertambah Menjadi Rp13 Miliar
    kuasa hukum nasabah Jouska, Rinto Wardana. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Kerugian puluhan nasabah PT Jouska Finansial Indonesia atau Jouska Group bertambah. Awalnya, kerugian nasabah ditaksir mencapai Rp10 miliar.

    "Total kerugian 35 orang korban per 11 November 2020 adalah Rp13.815.500.212," kata kuasa hukum nasabah Jouska, Rinto Wardana, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 12 November 2020.

    Rinto mengatakan kerugian paling kecil dialami nasabah APY Rp25.541.247. Sedangkan, kerugian paling besar dialami nasabah FS Rp3,1 miliar.

    Para nasabah itu tengah diperiksa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Penyidik perlu mendalami kasus dugaan penipuan yang dialami nasabah Jouska.

    Rinto menyebut Jouska tidak memiliki lisensi atau izin. PT Mahesa, salah satu grup Jouska, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang financial advisor.

    PT Mahesa menjanjikan nasabah membentuk portofolio dan mengelola investasi untuk kepentingan nasabah. Namun, PT Mahesa tidak memiliki izin sebagai manajer investasi, sehingga tidak dapat membentuk portofolio di pasar modal.

    "Demikian pula Philips Sekuritas membantah adanya kerja sama dengan Jouska Group," ujar Rinto.

    Rinto menuturkan investasi yang diambil nasabah di Jouska adalah paket komprehensif yang terdiri atas alokasi aset, manajemen arus kas, dana darurat, manajemen risiko (asuransi), perhitungan tujuan keuangan (dana pendidikan anak), dana pensiun, dana liburan, dan manajemen investasi. Kemudian nasabah dibukakan rekening dana investor (RDI) oleh Jouska.

    "Munculnya kerugian yang dialami korban adalah ketika Jouska menggunakan uang korban untuk membeli saham LUCK (PT. Sentra Mitra Informatika,Tbk)," ungkap Rinto.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id