Kemenkominfo dan Polisi Siber Diminta Meningkatkan Pengawasan di Media Sosial

    Anggi Tondi Martaon - 01 April 2021 11:42 WIB
    Kemenkominfo dan Polisi Siber Diminta Meningkatkan Pengawasan di Media Sosial
    Ilustrasi internet. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) diminta meningkatkan pengawasan. Dunia maya dinilai menjadi salah satu wadah kelompok teroris menyebar paham radikal.

    "Kemenkominfo juga penting terlibat, terutama untuk pengendalian media sosial agar tidak leluasa dimanfaatkan jaringan teroris," kata anggota DPR Luqman Hakim dikutip dari akun Twitter-nya @LuqmanBeenNKRI, Kamis, 1 April 2021.






    Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut media sosial sering digunakan kelompok teroris menjalankan kegiatan. Di antaranya, merekrut, melatih, dan memberi penugasan-penugasan ke anggota.

    "Tugas cari dana, maping, dan serangan teror," ujar dia.

    (Baca: BNPT Meminta Masyarakat Tak Beri Panggung kepada Teroris)

    Pengawasan ketat di dunia maya atau media sosial juga disampaikan anggota Komisi III Arsul Sani. Dia meminta polisi siber meningkatkan pengawasan.

    Arsul menegaskan intervensi lebih harus diterapkan terhadap akun yang menyebarkan radikalisme. Tindakan tegas tidak cukup dengan dengan menghapus konten dan akun tersebut.

    "Cari pemiliknya untuk diselidiki lebih dalam sebelum yang bersangkutan atau orang lain yang terpengaruh melakukan tindakan terorisme," kata Arsul.

    Dia juga meminta sistem pengamanan dan deteksi dini di objek vital ditingkatkan. Pemeriksaan maksimal untuk memastikan pengunjung steril dari berbagai ancaman.

    "Tidak ada pengendoran standar pengamanan terutama ketika ada isu-isu yang menyangkut hubungan sebagian umat Islam dengan pemerintah," ujar dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id