KPK Serahkan Memori Banding Nurhadi dan Menantunya

    Candra Yuri Nuralam - 03 Mei 2021 10:24 WIB
    KPK Serahkan Memori Banding Nurhadi dan Menantunya
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan kepada media di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Tipikor terhadap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono. Memori banding sudah diserahkan ke pengadilan.

    "Pada Jumat, 30 April 2021, Jaksa KPK Nur Haris Arhadi melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menyerahkan memori banding," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 3 Mei 2021.






    KPK bersikeras putusan hakim belum sepadan dengan praktik suap dan gratifikasi yang dilakukan Nurhadi dan Rezky. Hakim dinilai tidak mempertimbangkan dengan baik fakta persidangan tentang nilai uang yang dinikmati keduanya.

    Lembaga Antikorupsi berharap Nurhadi dan Rezky bisa dihukum lebih berat dalam putusan banding. KPK menyatakan siap bergelut lagi dengan Nurhadi di persidangan.

    "KPK berharap majelis hakim tingkat banding mempertimbangkan dan memutus sebagaimana apa yang disampaikan tim JPU (jaksa penuntut umum) dalam uraian memori banding dimaksud," tutur Ali.

    Baca: KPK: Vonis Nurhadi Belum Memenuhi Rasa Keadilan

    Nurhadi dan Rezky divonis 6 tahun penjara serta denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan. Mereka terbukti menerima suap Rp35,7 miliar dan gratifikasi Rp13,7 miliar. Fulus terkait pengaturan sejumlah perkara di lingkungan peradilan.

    Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa. Nurhadi dituntut 12 tahun penjara, sedangkan Rezky dituntut 11 tahun kurungan.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id