Irjen Firli akan Lepas Jabatan Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK

    Arga sumantri - 20 November 2019 21:49 WIB
    Irjen Firli akan Lepas Jabatan Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK
    Kabaharkam Polri Irjen Pol. Firli Bahuri menerima pemberian selamat dari anggota Polri di Gedung Bareskrim Polri. Foto: MI/Pius Erlangga.
    Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan Irjen Firli Bahuri akan melepas jabatannya sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri sebelum dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini guna memastikan Firli tak merangkap jabatan.

    "Nanti kalau beliau akan dilantik, insyaallah tanggal 20 Desember sebelum dilantik kita akan cari gantinya," kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 20 November 2019. 

    Idham mengatakan Firli hanya akan mundur dari jabatannya sebagai Kabaharkam ketika resmi menjadi pimpinan lembaga antirasuah. Firli tak perlu mundur dari keanggotaan Korps Bhayangkara.

    Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan kebijakan itu bukan hanya berlaku untuk Firli. Pimpinan KPK sebelumnya yang berasal dari kepolisian juga tak mundur dari keanggotaan Polri. Contohnya, kata Iqbal, eks pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki dan Bibit Samad Rianto. 

    "Dulu juga begitu, bukan hanya satu ini saja. Senior kami ada Pak Taufiequrachman Ruqi, ada Pak Bibit," ucap Iqbal.

    Iqbal pun menjelaskan alasan Polri menunjuk Firli sebagai Kabarharkam kendati bakal dilantik sebagai Ketua KPK. Kabaharkam sebelumnya yaitu Komjen Condro Kirono hendak pensiun. 

    "Nah kita memilih, dewan kebijakan tinggi Polri itu independen dan mempunyai track record, Pak Firli yang terpilih," kata Iqbal.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id