KPK Tak Gentar Hadapi Praperadilan Meikarta

    Daviq Umar Al Faruq - 04 Desember 2019 17:46 WIB
    KPK Tak Gentar Hadapi Praperadilan Meikarta
    Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di Malang, Jawa Timur, Rabu, 4 Desember 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
    Malang: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan tersangka kasus suap Izin Peruntukan dan Penggunaan Tanah (IPPT) proyek Meikarta, Bartholomeus Toto. Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan materi untuk sidang tersebut.

    "Banyak sekali yang namanya pra peradilan. Tapi tim biro hukum kita pasti menghadapi itu," kata Basaria di Malang, Jawa Timur, Rabu, 4 Desember 2019.

    Basaria menjelaskan setiap warga negara berhak mengajukan praperadilan. Menurut Basaria lembaga antirasuah juga tidak akan pernah melarang siapapun yang merasa keberatan ditangkap untuk mengajukan praperadilan.

    Sebelumnya kuasa hukum Bartholomeus, Supriyadi, menyebutkan telah mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan. Gugatan tersebut telah diterima Panitera PN Jaksel pada 27 November 2019 dengan nomor perkara 151/Pid.Pra/2019/PN Jaksel.

    Alasan pengajuan praperadilan ini untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka, penahanan, penggeledahan hingga penyitaan serta penerbitan penyidikan. Sebab, penetapan tersangka diklaim hanya berdasarkan satu alat bukti.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id