Eks Kasat Reskrim Polres Jaksel Tak Terbukti Memeras

    Candra Yuri Nuralam - 16 Januari 2020 08:32 WIB
    Eks Kasat Reskrim Polres Jaksel Tak Terbukti Memeras
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya sudah memeriksa eks Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Andi Sinjaya Ghalib terkait kasus dugaan pemerasan terhadap pemilik lahan Budianto. Hasilnya, Andi tak terbukti memeras.

    "Jadi pemeriksaan sudah selesai dari keduanya, dan hasilnya adalah kesimpulan dari Propam memang tidak terbukti apa yang selama ini diisukan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

    Budianto dan Andi diperiksa secara bergantian. Keduanya dikonfirmasi mengenai tundingan Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane yang menyebut Andi Sinjaya memeras Budianto hingga Rp1 miliar.

    Yusri mengatakan Propam belum berencana memanggil pihak lain terkait kasus tersebut. Dia berjanji akan menginformasikan kepada awak media bila kembali ada pemeriksaan.

    Kasus dugaan pemerasan ini pertama kali diungkapkan Neta. Dia menuding salah seorang anggota Polres Jakarta Selatan memeras seorang pelapor kasus pengerusakan lahan Rp1 miliar. 

    Neta pun mengaitkan rotasi Andi sebagai kasat reskrim Polres Jaksel dengan kasus itu. Dia mengaku sudah melaporkan kasus tersebut kepada Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana.

    Mutasi Andi tertuang dalam surat telegram ST/13/I/2020 tertanggal 8 Januari 2020. Surat ditandatangani Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Mardiyono.

    Namun, Polri membantah rotasi Andi berkaitan dengan dugaan pemerasan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa Andi dirotasi karena mempunyai kompetensi untuk mengajar di sekolah Polri.

    Budianto juga membantah informasi adanya permintaan uang oleh Andi hingga Rp1 miliar dalam penanganan kasus.

    "Oknum pengacara berinisial Al yang meminta uang dengan mengatasnamakan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan," kata Budianto di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.




    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id