Populer Nasional, KKB Brutal Tembak Satu Keluarga Hingga Pengembalian BPIH 9 Hari

    Juven Martua Sitompul - 05 Juni 2021 07:45 WIB
    Populer Nasional, KKB Brutal Tembak Satu Keluarga Hingga Pengembalian BPIH 9 Hari
    Ilustrasi Satgas Nemangkawi/Medcom.id



    Jakarta: Kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang telah dilabeli teroris di Papua semakin brutal. Kelompok itu menembak satu keluarga kepala desa di kawasan Eromaga, Ilaga, Papua.
     
    "Mereka melakukan aksi brutal yang menyebabkan lima korban masyarakat sipil tewas, setelah kemarin mereka menembak satu orang masyarakat sipil juga," kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusy, melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.

    Baca: Semakin Brutal, KKB Tembak Satu Keluarga di Ilaga
     
    Korban tewas tersebut masih kerabat dari Kepala Desa Nipurlema Petianus Kogoya. Semuanya meninggal termasuk Petianus. Peristiwa itu terjadi siang ini.

     



    "Saat ini korban masih berada di Eromaga dan belum bisa dievakuasi, karena masih terjadi kontak tembak di sekitar Bandara Ilaga," ujar Iqbal.

    Artikel kebrutalan KKB paling disorot pembaca di Kanal Nasional Medcom.id. Selain itu, pembaca masih tertarik dengan berita terkait covid-19.

    Sejumlah wilayah masuk zona merah covid-19 per Minggu, 30 Mei 2021. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewanti-wanti seluruh daerah waspada.
     
    "Kenaikan jumlah kabupaten/kota di zona merah atau zona risiko tinggi dari yang sebelumnya 10 menjadi 13 kabupaten/kota,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 4 Juni 2021.
     
    Wilayah yang masuk zona oranye atau zona risiko sedang juga bertambah. Ada 322 kabupaten/kota yang masuk zona oranye, atau bertambah 20 dari pekan lalu.

    Baca: 13 Wilayah Masuk Zona Merah Covid-19 Pekan Ini

    Selain itu, wilayah yang zona kuning atau zona risiko rendah berkurang dari 194 menjadi 171 kabupaten/kota. Data tersebut tidak sesuai harapan.
     
    “Karena artinya semakin banyak kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki risiko penularan sedang dan tinggi,” kata Wiku.

    Berita lain yang menjadi populer, yakni isu polemik Haji 2021. Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia untuk melaksanakan Haji 2021.

    Kemenag mengeluarkan tahapan pengembalian biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Proses pengembalian diharapkan berlangsung singkat.
     
    “Seluruh tahapan (pengembalian BPIH) ini diperkirakan berlangsung selama sembilan hari," kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU), Ramadan Harisman, dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.

    Baca: Proses Pengembalian BPIH Berlangsung 9 Hari
     
    Dia menyebut pengembalian BPIH di tingkat kabupaten atau kota berlangsung dua hari. Prosesnya ialah memasukkan pengajuan pengembalian BPIH, verifikasi, dan validasi syarat pengajuan.

    "(Proses pengembalian BPIH) dua hari di Kanwil (kantor wilayah) Kemenag kabupaten atau kota," kata dia.

    Informasi kebrutalan KKB hingga kasus covid-19 akan terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id