Polantas Diminta Mengedepankan Sikap Humanis

    Medcom - 12 Februari 2020 20:36 WIB
    Polantas Diminta Mengedepankan Sikap Humanis
    Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Istiono (kanan). Foto: Dok. Istimewa
    Jakarta: Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Istiono, meminta jajarannya melaksanakan tugas dengan baik dan sabar dalam menghadapi masyarakat yang memiliki karakter berbeda. Dia mencontohkan sikap anggota Ditlantas Polda Metro yang tetap sabar dan bersikap humanis meski ditekan dan dihujat oleh pelanggar. 

    “Kita mengharapkan figure setiap polisi seperti ini. Bila tidak ditindak sikap pelanggar seperti itu nanti tuman. Agar menjadi pelajaran juga untuk masyarakat serta jajaran anggota di wilayah. Saya bangga, teruskan berbuat yang baik, bertugas dengan penuh dedikasi untuk kemanusiaan,” kata Istiono dalam kegiatan Rakernis Fungsi Lalu Lintas di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 12 Februari 2020. 

    Dia pun mengingatkan jajarannya di seluruh Indonesia agar mewujudkan zero over dimension over load (ODOL) yang menyebabkan banyak kerugian dan korban. Pasalnya, ini sudah menjadi budaya yang dibiarkan selama bertahun-tahun. 

    7 Program Prioritas Kapolri

    Korlantas Polri pun menerima penghargaan untuk kategori instansi yang memberikan kontribusi dalam pemberitaan Radio Elshinta. Korlantas dinilai konsisten menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait situasi lalu lintas terkini. 

    “Penghargaan ini wujud implementasi Korlantas Polri dalam mewujudkan salah satu dari tujuh program prioritas Kapolri Jenderal Idham Azis yaitu tentang pemantapan manajemen media,” kata Istiono. 

    Tujuh program prioritas Kapolri, yakni mewujudkan SDM unggul, pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan, dan penguatan pengawasan. 

    Polantas Diminta Mengedepankan Sikap Humanis
    Ilustrasi polisi lalu lintas menindak salah satu pengemudi kendaraan. MI/Saskia Anindya.

    Istiono juga memberikan penghargaan kepada empat anggota Polantas, yakni Dirlantas Polda Jateng Kombes Subandriya, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardo, serta personel Gakkum Polda Metro Jaya Bripka Rudi dan Brigadir Eko. Mereka dianggap bertugas menjaga keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) dengan baik. 

    "Penghargaan kepada personel juga kita berikan karena mampu mewujudkan Kamseltibcar Lantas, seperti pemberantasan ODOL yang dilakukan Dirlantas Jateng, Penanganan cepat korban kecelakaan dan tegas dalam bertugas namun tetap mengedepankan humanis," kata Istiono.

    Korlantas Polri meresmikan Indonesia Safety Driving Center dipimpin langsung oleh Kapolri. Rakernis fungsi lalu lintas ini bertemakan Road Safety Policing sebagai implementasi epolicing pada fungsi lalu lintas di era revolusi digital 4.0 menuju Indonesia maju.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id