comscore

Polri Pelototi Distribusi Pupuk Bersubsidi di Malang dan Probolinggo

Siti Yona Hukmana - 07 Juli 2022 15:39 WIB
Polri Pelototi Distribusi Pupuk Bersubsidi di Malang dan Probolinggo
Distribusi pupuk bersubsidi/Istimewa
Jakarta: Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Mabes Polri bersama Direktorat Pupuk dan Pestisida Direktorat Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) memelototi distribusi pupuk bersubsidi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo. Pemantauan dilakukan sejak 4-7 Juli 2022.
 

Baca: Ikut Tanam Bawang di Brebes, Puan Janji Carikan Solusi Keluhan Petani


"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan proses tata kelola pupuk sesuai dengan prosedur yang ada serta mencegah adanya tindak pidana korupsi, penyelewengan dan penyalahgunaan pupuk bersubsidi yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan pupuk subsidi maupun kerugian keuangan negara," kata Ketua Tim Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Hotman Tambunan melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Juli 2022. 

Polri dan Kementan juga berkolaborasi dengan PT Pupuk Indonesia Holding Company, Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Malang. Hotman mengatakan kegiatan pemantauan itu diawali dengan koordinasi dengan BNI dalam rangka mendistribusikan kartu tani untuk melihat efektivitas distribusi kartu di kedua wilayah tersebut. 
Menurut dia, pendistribusian kartu tani dan lainnya akan menjadi bahan untuk peningkatan efektivitas dan tata kelola secara bersama-sama oleh Kementan, PT Pupuk Indonesia Holding Company, BNI, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya. Sehingga, distribusi pupuk bersubsidi benar-benar tepat sasaran.

Anggota Satgassus, Harun Al Rasyid menyebut kartu tani penting selain untuk efektivitas dan efisiensi sekaligus juga meminimalisasi terjadinya kecurangan dalam penebusan pupuk. Pada kesempatan itu juga dibagikan kartu tani kepada 39 petani di Kabupaten Malang oleh Pihak BNI. 

"Sehingga diharapkan kartu tani akan bisa diterapkan sepenuhnya di Kabupaten Malang," ujar Harin.

Satgasus juga melakukan pertemuan dengan Bupati Kabupaten Malang HM Sanusi dan Plt Bupati Kabupaten Probolinggo Timbul Prihanjoko beserta jajarannya. Pertemuan membahas pengawasan pupuk bersubsidi di wilayahnya masing masing untuk mencegah terjadi penyelewengan.

Anggota Satgassus lainnya, Yudi Purnomo Harahap menambahkan pemantauan peredaran pupuk subsidi merupakan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Agar pupuk subsidi tepat sasaran, sehingga hasil produksi pertanian meningkat dan ketahanan pangan semakin kuat.

Yudi mengatakan kegiatan itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam hal menjaga ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional. Khususnya, pupuk subsidi yg memang diampu oleh Kementerian Pertanian. 

"Polri dan Kementan bersinergi dalam kegiatan pemantauan pupuk subsidi ini," ujar mantan Ketua Wadah Pegawai KPK itu.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id