comscore

Hilangkan Barang Bukti Penembakan Brigadir J, Kapolri Diminta Pecat 25 Anggota

Siti Yona Hukmana - 05 Agustus 2022 13:21 WIB
Hilangkan Barang Bukti Penembakan Brigadir J, Kapolri Diminta Pecat 25 Anggota
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Humas Polri.
Jakarta: Indonesia Police Watch (IPW) meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memecat 25 anggota yang diduga menghilangkan barang bukti terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Perbuatan itu dianggap mencoreng institusi Polri. 

"Untuk menerapkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap anggota polri tersebut. Sebab, mereka telah melakukan pelanggaran berat Kode Etik Profesi Polri (KEPP) berupa ketidakprofesionalan dalam melaksanakan tugas," kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso melalui keterangan tertulis, Jumat, 5 Agustus 2022.
Menurut Sugeng, tindakan tegas itu sesuai Surat Edaran Nomor: SE/9/V/2021 tentang Pedoman Standar Pelaksanaan Penegakan Pelanggaran Kode Etik Profesi Polri tertanggal 18 Mei 2021. Kapolri selalu mengingatkan bawahannya yang memimpin wilayah tegas dan menegakkan hukum kepada anggota yang melanggar peraturan disiplin anggota Polri pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2003 dan peraturan etika Polri yang tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011.

"Bahkan pada rapat kerja dengan Komisi III DPR pada 24 Januari 2022, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menegaskan tidak segan-segan untuk memecat langsung anggotanya yang melakukan pelanggaran," ungkap Sugeng. 
 

Baca: Update Kasus Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Dimutasi hingga 25 Polisi Diduga Rusak CCTV


Kala itu, kata dia, Listyo mengatakan pemecatan dilakukan untuk perbaikan Polri lebih baik. Listyo menyatakan tak ragu memecat hingga 500 anggota yang merusak institusi. 

"Komitmen ini harus terus dipegang Kapolri Listyo Sigit, saat menghadapi adanya ketidakprofesionalan yang dilakukan anggota Polri dalam penanganan kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Briptu Yosua di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo," ujar Sugeng. 
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id